Menekan Angka Kematian Ibu

Menekan Angka Kematian Ibu. Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) masih menjadi PR bagi berbagai pihak. Menekan angka kelahiran salah satu mengurangi jumlah kematian ibu melahirkan. AKI di Jawa Tengah sendiri tercatat 675 pada Tahun 2011, 2012 terdapat 675 kasus. AKI dengan resiko tinggi biasanya terjadi pada ibu melahirkan di bawah umur 20 Tahun dan juga melahirkan anak lebih dari tiga, resiko lainnya yaitu jarak melahirkan kurang dari 2 Tahun.

Faktor yang mendukung AKI yaitu faktor kepercayaan yaitu melakukan persalinan terhadap dukun bayi, ketidak lengkapan fasilitas melahirkan, keterbatasan sarana, tenaga ahli. Hal ini menjadikan angka kematian ibu sangat tinggi.

Ada halnya Angka Kematian Ibu yang turut andil yaitu keterbatasan ekonomi, sosial, lingkungan, pendidikan, kemiskinan, sosial budaya, dan transportasi. Selain itu langkah yang perlu di ambil yaitu pengetahuan dasar kehamilan dan tentang program P4K, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga melalui Keluarga Berencana (KB) yang sudah di rancangan oleh jaringan Dasa Wisma, RT/RW, Desa/Kel,Kec,Kab/Kota, dalam rangka Pemberdadyaan Keluarga. Adanya P4K diharapkan mengikatkan persalinan yang memadahi oleh tenaga kesehatan trampil, selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kemitraan dan kepercayaan bidan dan dukung untuk meningkatnya peserta KB pasca melahirkan.
Advertisement
advertisement
Menekan Angka Kematian Ibu | Distributor Pupuk Organik Purwokerto | 5

0 komentar:

Posting Komentar