Seni Pahat Patung dari Desa Mas

Seni Pahat Patung dari Desa Mas. Seni pahat adalah salah satu seni yang terkenal di Pulau Dewata. Uniknya, para pemahat terbaik itu berasal dari Desa Mas di daerah Ubud Bali.
Seni Pahat Patung dari Desa Mas
Sedang Memahat Seni Pahat Patung dari Desa Mas


Desa Mas adalah sebuah desa di Kabupaten Gianyar, Bali. Sejarah seni patung dari desa ini dimulai dari abad ke-16. Ketika itu, Dhang Hyang Nirartha menancapkan tonkatnya di sebidang tanah. Keajaiban pun terjadi. Tongkat sang pendeta berubah menjadi sebatang pohon yang hidup dan berbunga emas. Sang pendeta pun berkata bahwa masyarakat Desa Mas akan hidup dari kayu.

Berabad - abad kemudian, seni pahat kayu di Bali menjadi sangat terkenal dengan lahirnya seniman - seniman patung, seperti Ida Bagus Nyana dan putranya, Ida Bagus Tilem. Karya kedua mahaguru seni pahat itu masih bisa disaksikan di beberapa pura di sekitar Desa mas.

Siapa yang akan meneruskan kejayaan seni pahat Desa Mas? Teman - teman kita, anak - anak Balilah yang harus menjawabnya. Nah, supaya teman - teman kita di Bali tertarik dan kembali menekuni seni pahat maka Pak I Made Sudiana mengumpulkan karya - karya terbaik pemahat Desa Mas.
Seni Pahat Patung dari Desa Mas
Hasil Seni Pahat Patung dari Desa Mas

Dengan melihar karya - karya terbaik dari seniman pahat Desa Mas, diharapkan teman - teman kita itu menjadi tertarik. Kita pun berharap seni pahat akan semakin berkembang di Desa Mas.

Advertisement
advertisement
Seni Pahat Patung dari Desa Mas | Distributor Pupuk Organik Purwokerto | 5

0 komentar:

Posting Komentar