Kebiasaan Mencuci Tangan untuk Kesehatan

Kebiasaan Mencuci Tangan. Sebelum kita makan, Dik! Cuci tangamu dulu.. Kalimat itu adalah sepenggalan lagu anak anak yang sering kita dengan di iklan televisi dahulu. Dari lagu tersebut, kita dapat mengajarkan pada si kecil tentang manfaat cuci tangan terhadap kesehatannya. Bahwa kebiasaan mencuci tangan merupakan bagian dari konsep kebersihan dalam arti yang luas. Bahkan, pertugas kesehatan seperti dokter dan perawat pun, selalu mencuci tangannya sebelum dan setelah memeriksa pasien, karena cuci tangan tersbut menunjukan sikap profesional mereka terhadap komitmen "selalu menjaga kebersihan".

Mencuci tangan yang baik dan benar dapat mencehag penularan penyakit. Satu penelitian di rumah sakit bahwa menujukkan bahwa penyakit infeksi perut dapat menyebar melalui tangan yang tercemamr kotoran. Padahal, tangan tersebut dapat dibersihkan dari pencemaran dengan cara mencucinya menggunakan air dan sabun. Sebelum mengenal sabun, masyarakat kita pada zaman dahulu mengenal bahan - bahan pembersih tradisional yang berasal dari hasil pertanian, seperti daun jeruk, daun jambi dan lain sebagainya.

Orang tua dapat melindungi anak - anaknya dari penyakit diare dengan mengajarkan beberapa perilaku kebersihan. Dan pelajaran pertama yang cukup mudah dengan membiasakan si kecil selalu mencuci tangan yang benar dengan air dan sabun atau yang sejenisnya. Tentau saja hal itu hendaknya dimulai dari diri Anda terlebih daulu, sebagai contoh nyata bagi si kecil.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin bermanfaat bagi Anda perihal kebiasaan mencuci tangan.

  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun dapat mematikan kuman - kuman yang melekat di tangan. Hal ini membantu mencegah masuknya kuman ke dalam mulut. Sabun dan air bersih hendaknya mudah di peroleh semua anggota keluarga. Misalnya saja di wastafel, kamar mandi, dan lain sebagainya.
  • Biasakan mencuci tangan seteah buang air kecil dan besar, sebelum menyiapkan dan memegang makanan, setelah membersihkan bayi dan setelah membersihkan anak yang baru buang air kecil dan buang air besar. Hal ini sangat penting untuk mencegah penularan kuman.
  • Anak - anak seringkali mempunyai kebiasaan memasukkan jari tangan ke dalam mulutnya. Usahakanlah agar ia mempunyai kebiasaaan mencuci tangan sesudah main serta buang air kecil dan air besar.
  • Anak anak perlu mandi dua kali sehari, mencuci tangan, muka dan kaki sebelum tidur. Hal ini penting untuk mencegah penyebarluasan kuman - kuman yang mungkin melekat di tubuh si anak.
Bagaimana tulisan Kebiasaan Mencuci Tangan ? Sangat membantu mencerahkan tentang hal kesehatan mencuci tangan kan? Yuk coba kita terapkan ke kegiatan sehari - hari.

Advertisement
advertisement
Kebiasaan Mencuci Tangan untuk Kesehatan | Distributor Pupuk Organik Purwokerto | 5

0 komentar:

Posting Komentar