Cara Pembuatan Selai Buah

Membuat Selai Buah. Sisa dagangan sering membuat bingung dagangan buah. Meskipun harus menanggung rugi, buah - buahan yang siap membusuk terpaksa dibuang begitu saja. Memang tidak mudah berdagang buah - buahan. Pedagang buah harus mempunyai banyak cara agar tidak merugi.

Salah satu cara mengawetkan adalah mengubah buah segar menjadi bubur selai atau pure. Sekarang buah pisang banyak yang diekspor dalam bentuk selai. Adapun cara membuat selai pisang untuk rumah tangga amat mudah, yaitu pisang disortir atau dipilihi yang baik, lalu dicuci. Setelah kering, diperam dengan karbit agar matang serempak. Selanjutnya, pisang dikupas dan dilumatkan atau diblender. Setelah itu, pisang disterilkan, disimpan dengan pemanasan agar bebas dari kuman. Selai pisang ini tahan disimpan selama enam bulan lebih.

Pembuatan selai secara besar - besaran dilakukan dengan mesin otomatis. Selai pisan biasa dipakai sebagai makanan bayi. Selain itu, dijadikan bahan es krim, biskuit, dan sari buah. 

Hampir semua jenis buah di Indonesia dapat dibuat pure. Jambu bijii, jeruk, mangga, durian, belimbing, pepaya, sawo, nanas dan sirsak, semuanya dapat dijadikan pure.

Yuk yang punya buah - buah tak terpakai dan masih layak makan coba dibuat selai agar tetap bisa dinikmatin dan tidak dibuang. Pastinya selai - selai ini memiliki berbagai manfaat khasiat tersendiri yang di kandung buah - buah yang akan dibuat selai.
Advertisement
advertisement
Cara Pembuatan Selai Buah | Distributor Pupuk Organik Purwokerto | 5

0 komentar:

Posting Komentar